Kamis, 07 Oktober 2021

Membuat Pasangan Berubah

Anda yang ingin membeli prosotan renang dan hendak mengunjungi penyedia jual perosotan kolam renang pastinya kini tidak akan ragu lagi dalam memilih dan memesan produk yang diinginkan di tempat kami Sakti Pool. 




Berapa banyak energi yang Anda habiskan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan dari pasangan? Pikirkan sejenak - berapa banyak waktu berpikir Anda dihabiskan untuk apa yang harus dikatakan kepada pasangan Anda untuk membuatnya menjadi seperti yang Anda inginkan?

Banyak dari kita menghabiskan banyak waktu untuk berpikir tentang bagaimana mendapatkan apa yang kita inginkan dari pasangan kita - bagaimana membuat pasangan kita terbuka, lebih peduli, melihat kita, mencintai kita, memperhatikan kita, menghabiskan waktu bersama kita, memiliki berhubungan seks dengan kami, dan sebagainya. 

Kita menghabiskan banyak energi untuk mendapatkan apa yang kita inginkan dari pasangan kita karena kita percaya bahwa jika kita melakukannya dengan benar - berperilaku benar atau mengatakan hal yang benar - kita dapat memiliki kendali untuk membuat pasangan kita berubah. 

Ilusi memiliki kendali untuk mengubah orang lain membuat kita terjebak dalam perilaku yang tidak hanya tidak berhasil untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, tetapi juga menghabiskan energi yang bisa kita gunakan untuk belajar menjaga diri kita dengan penuh kasih.

Sangat sulit untuk menerima bahwa kita tidak dapat "membuat" orang lain melakukan apa yang kita ingin mereka lakukan, bahkan jika itu baik untuk mereka dan untuk hubungan. Dalam pekerjaan konseling saya dengan orang-orang, saya sering mendengar:

"Bagaimana saya bisa membuat suami saya membaca buku-buku Anda?"

"Bagaimana saya bisa membuat istri saya menjadi lebih seksual?"

"Bagaimana saya bisa menjauhkan suami saya dari TV untuk menghabiskan waktu bersama saya?"

"Bagaimana saya bisa membuat istri saya tepat waktu?"

"Bagaimana saya bisa membuat suami saya berbicara dengan saya tentang masalah kita?"

"Bagaimana saya bisa membuat istri saya menghabiskan lebih sedikit uang dan menulis cek ke dalam buku cek?"

"Bagaimana saya bisa membuat suami saya membersihkan setelah dirinya sendiri?"

"Bagaimana saya bisa membuat istri saya berhenti marah?"

"Bagaimana saya bisa membuat suami saya berhenti menyalahkan saya untuk semuanya?"

Semua orang ingin tahu, "Bagaimana caranya agar pasangan saya berubah?" Yang benar adalah, Anda tidak bisa.

Yang bisa Anda lakukan adalah mengalihkan pandangan Anda dari pasangan Anda dan memakainya. Anda memiliki kontrol total untuk mengubah diri sendiri, dan tidak ada kontrol untuk mengubah pasangan Anda. Pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri adalah, "Apa yang harus saya lakukan untuk kesejahteraan saya sendiri jika pasangan saya tidak berubah?"

"Apakah saya perlu berhenti bereaksi terhadap pasangan saya dengan kepatuhan, perlawanan, penarikan, menyalahkan, kuliah, penjelasan, mengomel atau marah?"

Cara-cara protektif dan pengendalian untuk merespons konflik ini akan selalu memperburuk konflik dan membuat kita merasa tidak enak. Bagian yang terluka dari kita percaya bahwa kita bisa mendapatkan cinta dan menghindari rasa sakit dengan perilaku protektif ini, tetapi pada kenyataannya sering kali perilaku-perilaku inilah yang sebenarnya menyebabkan rasa sakit kita sendiri. 

Tidak satu pun dari perilaku ini yang mencintai diri kita sendiri, dan kita tidak bertanggung jawab secara pribadi atas perasaan dan kesejahteraan kita sendiri ketika kita berperilaku dengan cara yang mengendalikan ini.

"Dengan cara apa saya harus lebih mencintai, peduli, pengertian, dan memperhatikan diri sendiri - terhadap perasaan saya sendiri?"

Seringkali kita memproyeksikan kepada pasangan kita ketidakbahagiaan batin yang dihasilkan dari tidak menjaga diri kita dengan penuh kasih. Alih-alih mencoba membuat pasangan kita lebih mencintai, terbuka, dan penuh perhatian, kita perlu fokus untuk bersikap terbuka, penuh kasih, baik, dan penuh perhatian dengan diri kita sendiri dan dengan pasangan kita.

“Apakah saya perlu mengambil tindakan tertentu, seperti mengubah cara kita menangani uang, atau cara kita berurusan dengan mendapatkan tempat tepat waktu? Bagaimana saya bisa menjaga diri saya dalam konflik semacam ini sehingga saya tidak merasa seperti korban? "

Kapan saja kita menyalahkan orang lain atas ketidakbahagiaan kita, kita menjadi korban. Keluar dari menjadi korban berarti mengambil tindakan penuh kasih untuk diri kita sendiri sehingga kita tidak lagi frustrasi dengan situasi tersebut.

“Apakah saya harus bersedia untuk mengeksplorasi dengan pasangan saya alasan yang mendasari kurangnya keintiman atau seksualitas? Apakah saya bersedia terbuka untuk belajar dengan pasangan saya, atau apakah saya terjebak dalam hanya mencoba mengendalikan?

Membuka diri untuk belajar dengan pasangan Anda bisa menjadi keajaiban dalam menciptakan keintiman dan menyelesaikan konflik. Meskipun Anda tidak dapat membuat pasangan Anda terbuka untuk belajar, jika Anda terbuka untuk belajar sendiri, Anda mungkin menemukan kekuatan yang Anda miliki untuk mengubah hubungan Anda.

Ketika Anda keluar dari melihat diri Anda sebagai korban perilaku pasangan Anda dan melakukan tindakan cinta atas nama Anda sendiri, Anda mungkin akan terkejut dengan perubahan yang terjadi dalam hubungan tersebut. 

Sebagian besar konflik terjebak dalam perebutan kekuasaan yang dihasilkan dari setiap orang yang berusaha mengendalikan dengan beberapa bentuk kesalahan, kemarahan, perlawanan, penarikan, atau kepatuhan. 

Ketika Anda menghentikan perjuangan kekuasaan Anda dan mulai menjaga diri sendiri, serta terbuka untuk belajar dengan pasangan Anda, kemungkinan terbuka untuk perubahan besar terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar